Level Kognitif: C5(Mengevaluasi)
Lingkup Materi: Aljabar
Materi: SPLDV
Bentuk Soal: Pilihan Ganda Kompleks
Indikator Soal: Peserta didik dapat membedakan mana langkah yang benar dan salah pada pengerjaan soal.
Soal:
Selesaikan x+y= 5 dan 6x+2y=10.
x+y=5
(1) x= 5+y
6x+2y= 10
(2) 6(5-y)+2y= 10
(3) -30-6y+2y= 10
(4) -30-4y= 10
(5) -4y= 10-30
-4y= -20
y= 5
(6)x= 5+y
x=5+5
x=10
Langkah yang salah adalah (pilih lebih dari 1)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
F. (6)
Jawaban:
x+y=5
6x+2y=10
A.)x=5+y
6x+2y
Pada perubahan ini,y berpindah ruas maka seharus nya x=5-y
--------------------
B.)6(5-y)+2y=10
Benar tidak ada kesalahan.
--------------------
C.)-30-6y+2y=10
Terdapat kesalahan pada pengerjaan ini yaotu pada hasil perkalian nya. seharus nya bilangan positif(6) dikali positif(5) akan menghasilkan positif(30) tapi pada hasil ini menghasil kan -30.
--------------------
D.)-30-4y=10
Kesalahan ini diakibatkan oleh kesalahan yang sama pada nomor 3.
--------------------
E.)-4y=10-30
-4y=-20
y=5
Benar jika pada nomor sebelum nya bukan -30.
--------------------
F.)x=5+y
x=5+5
x=10
Salah,seharus nya nilai x adalah x=5-y
----------------------------------------
Pada operasi ini jika ada 1 kesalahan akan membuat yang lain juga salah.
[tex] \boxed{ \colorbox{black}{ \sf{ \color{lightgreen}{ answered\:by\:Duone}}}} [/tex]
Jawaban:
(1) harusnya x=5-y
(3) harusnya 30-6y+2y=10
(4) kesalahan akibat langkah 3 harusnya 30-4y=10
(6) kesalahan akibat langkah 1 harusnya x=5-5=0